Friday, November 17, 2017

Keutamaan Sholat Berjamaah

__________________________
Bismillahirrohmaanirrohiim.Alkhamdulillah, wash sholaatu was salaamu 'ala Rasuulillah wa 'ala aalihi washohbihi ajma'iin. Kami berniat ngaji karena Engkau ya Allah, berilah kami ilmu yang bermanfaat dan barokah. Aamiin, ya Mujiibassaa-iliin.
________________
Sebagian dari keutamaan shalat shubuh berjama'ah, ialah sama dengan shalat sunat semalam suntuk. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW : "”Barang siapa yang melaksanakan shalat isya’ secara berjamaah maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam satu malam penuh.” (HR.Muslim).
 


Ini adalah keutamaan yang luar biasa yang dijanjikan Allah Tuhan yang Maha Menepati janji.
Tapi mengapa kita berat untuk melakukannya? Mengapa kita malas mengerjakannya? Atau bahkan tidak bisa melaksanakannya?
 
Padahal seandainya Takmir masjid mengumumkan bahwa barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh berjama'ah, maka akan diberi uang tunai Rp. 50.000,- saya kira masjid jadi penuh sesak karena banyaknya orang yang shalat berjama'ah.

Mengapa bisa begitu? Itu tidak lain karena masih lemahnya iman kita sehingga kita kalah oleh nafsu kita dan tidak mampu untuk "memaksa diri kita". Sementara penjelasan-penjelasan tentang keutamaan dan besarnya pahala shalat shubuh secara berjamaah baru diberikan Allah kepada kita baru sebatas "pengertian", dan belum sebagai "ilmu". Pengertian akan menjadi ilmu, apabila kita telah berhasil mengamalkannya. Dan ini hanya akan terjadi bila kita bisa "memaksa" diri kita.
Semoga kita diberikan kemampuan oleh Allah menjadi orang-orang yang mampu "memaksa" diri kita. Aamiin.
_______________________

No comments:

Post a Comment